Candi Gebang – Obyek Wisata Candi Dekat Pusat Kota Yogyakarta

Candi Gebang – Obyek Wisata Candi Dekat Pusat Kota Yogyakarta

Candi Gebang terletak di daerah Condongcatur, di sebelah selatan desa Gebang, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, lebih kurang 11 Kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Penemuan candi Hindu ini berawal dari ditemukannya patung Ganesha oleh penduduk setempat pada bulan November 1936. Berdasarkan penemuan itu, para arkeologis mulai melakukan penelitian tentang kemungkinan adanya sebuah candi di lokasi penemuan patung tersebut. Diasumsikan bahwa patung Ganesha tersebut merupakan bagian dari sebuah bangunan bangunan. Setelah dipastikan tentang adanya sebuah candi di lokasi tersebut, selanjutnya dilakukan penggalian, rekonstruksi dan pemugaran, yang dilangsungkan tahun 1937 sampai tahun 1939 di bawah pimpinan Van Romondt.

Tidak didapat informasi mengenai tentang latar belakang historis Candi Gebang. Hanya saja, ditilik dari keberadaan lingga, yoni dan arca Ganesha, dapat dipastikan bahwa Candi Gebang merupakan candi Hindu. Disamping itu, proporsi yang tinggi pada bagian kaki menandakan candi itu dibangun pada masa antara tahun 730-800 M. Candi Gebang merupakan bangunan berdenah dasar persegi dengan ukuran 5.25 m x 5.25 m dengan tinggi 7.75 m memiliki. Bahan dasar yang digunakan untuk pembangunan candi adalah batu andesit. Tubuh candi berdiri di atas kaki setinggi sekitar 2 m. Tidak terdapat pahatan apapun pada bagian kaki candi.

Rute menuju Candi Gebang sebenarnya cukup mudah untuk dilalui. Anda bisa berangkat dari ringroad Kaliurang menuju ke arah timur, ke arah Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta. Beberapa meter sebelum pertigaan ringroad lampu merah UPN, terdapat sebuah pertigaan yang dipenuhi papan reklame perumahan (yang terbesar adalah papan reklame perumahan Candi Indah). Bila diperhatikan di muka pertigaan tersebut terdapat sebuah papan petunjuk arah menuju Candi Gebang.

Ikuti jalan tersebut, melewati pasar Condong Catur, dan anda akan sampai kepada sebuah pertigaan semu yang memiliki papan petunjuk arah menuju Candi Gebang. Ikuti papan tersebut dan anda akan tiba di tugu Sleman dengan papan petunjuk arah candi. Ikuti saja arah tersebut dan anda akan sampai di Candi Gebang. Satu yang kami sayangkan adalah lokasi penempatan papan petunjuk arah candi tersebut kurang mencolok dan bahkan tertutupi oleh papan-papan reklame. Secara administratif Candi Gebang berada di Desa Gebang, Kel. Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Lokasi                             : Kelurahan Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.
Tiket                                : Sukarela
Waktu Buka                    :   07.00 – 17.00
Fasilitas/ Obyek Wisata   :  Candi Gebang

0 Response to "Candi Gebang – Obyek Wisata Candi Dekat Pusat Kota Yogyakarta"

Post a Comment