Obyek Wisata Pantai Santolo Kabupaten Garut - Jawa barat

Obyek Wisata Pantai Santolo Kabupaten Garut - Jawa barat

Obyek Wisata Pantai Santolo Kabupaten Garut - Jawa barat

Pantai Santolo adalah salah satu pantai yang indah di kabupaten Garut. Salah satu primadona destinasi wisata unggulan kab Garut. Pantai Santolo berada di wilayah Pameungpeuk tepatnya di Kec. Cikelet, Garut. Dari Garut kota jaraknya kira-kira 90 km via Cikajang - Cisompet - Pameungpeuk - Pantai Santolo.

 
Untuk sampai ke Pantai Santolo bisa menggunakan kendaraan pribadi (motor/mobil). Bisa juga menggunakan angkutan umum. Dari jakarta/Bandung bisa menggunakan bis tujuan akhir Garut. Dari terminal guntur Garut melanjutkan naik elf ke Pameungpeuk. Dari Bandung juga ada elf yang langsung ke Pameungpeuk. Turun di terminal Pameungpeuk, dilanjutkan dengan naik ojek ke pantai Santolo. Dari Pusat kota Pameungpeuk ke Santolo jaraknya 6 km.

Sepanjang perjalanan dari Garut kota disuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya. Perkebunan Teh, Gunung Cikuray, Bukit-bukit, hutan lebat, dan sungai yang jernih. Ditambah jalur track Jalan yang berkelok, membelah bukit. Jalan dari Garut kota - Pameungpeuk ini jalannya lumayan bagus, paling 12 km jalannya agak bergelombang dan berlubang didaerah gunung Gelap. Setelah Cisompet - Pameungpeuk jalannya mulus di hotmix.

Untuk menuju pantai Santolo dari kota Pameungpeuk menggunakan jalur ke Cikelet. sampai bertemu pertigaan yang ada plang pantai wisata pantai santolo. Belok kiri di pertigaan ini. Untuk masuk ke pantai santolo tiketnya Rp 3.000,- per orang. Setelah berjalan sedikit akan menemukan kantor LAPAN (Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional). Pantai dan pulau santolo adalah tempat peluncuran roket Nasional. Setelah melewati LAPAN, akan terlihat pesisir pasir putih pantai santolo dan mendengar deburan ombak.

Pantai Santolo adalah salah satu pantai yang fasilitasnya memadai di Garut. Di pantai ini terdapat lapangan parkir, Mesjid, warung makan, warung-warung, tempat pelelangan ikan, dan penginapan-penginapan. Untuk penginapan, pantai santolo banyak sekali penginapan. Salah satunya penginapan danda santolo. Ratenya 100ribu-250ribu perkamar. Untuk hari-hari besar bisa naik 20 persen. Bagi yang pengen kelas hotel bisa menginap di ANB Hotel, tapi letaknya diluar kawasan ini. Hotel ANB berada di Jalan Cilaureureun, antara Pameungpeuk-Santolo. Ratenya diatas 350ribu.

Pantai Santolo terdiri dari Pantai Pasir Putih, Sungai Cilauteureun, Pantai Karang dan dermaga di pulau Santolo. Pantai Pasir putih Santolo tepat didepan LAPAN. Pesisir pantai putihnya membentang panjang. Airnya yang lumayan jernih dan pesisir pantai pasir yang putih memanjakan mata. Air ombak yang relatif tidak terlalu besar bisa untuk bermain air dan berenang. Banana boat pun ada tersedia. Batu-batu alam yang bentuknya bulat di pesisir pantai sebelah kiri memberikan keindahan tersendiri. Tapi sayang disebelah bagian batu-batu ini banyak sampah dan limbah pembuangan dari penginapan-penginapan di depannya. Jika cuaca cerah, di pesisir pantai pasir putih santolo akan terlihat pegunungan-pegunungan indah yang jadi latar pemandangan disini.

Pulau Karang Santolo berada di Pulau Santolo yang dipisahkan oleh Sungai Cilauteureun. Untuk datang ke Pulau Santolo ini menyebrang sungai cilautereun menggunakan perahu dengan sekali jalan Rp 2.000,-. Sungainya tidak terlalu lebar tapi lumayan dalam. Jika surut bisa nyebrang lewat sungai ini tepatnya di bagian agak ujung tumpukan batu yang menjadi pemisah antara Pantai putih santolo dan sungai Cilautereun

Di pantai karang santolo ada pasir putihnya di pesisir, di tengahnya pantai karang santolo dan diujungnya palung samudra Hindia yang ombaknya besar. Jika sedang pasang pantai karang ini akan digenangi air laut, bisa untuk bermain air dan berenang. Jika sedang surut, di pantai karang ini banyak ikan-ikan hias yang terjebak di karang-karang.

Di Pulau santolo bagian baratnya terdapat sebuah Mercusuar dan Dermaga. Di dermaga ini biasanya banyak yang mancing ikan. Ada pasir putihnya dengan Gunung karang yang tidak terlalu tinggi. Bagi pecinta photography, bagian dermaga ini cocok untuk hunting foto.

Di Pulau Santolo bagian timur ada sebuah jembatan tua dan curuk laut. Jembatan tua ini adalah pemisah dengan Pantai Sayang Heulang. Untuk ke pantai sayang heulang bisa menyusuri pantai karang santolo ke sebelah timur. Curuk laut itu sendiri berada di tengah jembatan yang memanjang sampai ke palung laut. Jika air pasang, air laut akan masuk ke sungai cilauteureun melalui curuk laut dan bawahnya jembatan ini. Cilauteureun adalah Satu-satunya keunikan pantai di Garut bahkan di Indonesia dimana air laut kembali lagi ke sungai. Cilautereun itu kondisi dimana air laut pasang bertemu dengan air sungai dan menyebabkan air itu eureun (berhenti).

Begitu banyak yang bisa dinikmati di Pantai santolo. Salah satunya momen matahari terbenam (Sunset). Jika cuaca cerah, sunset akan terlihat sangat indah dan mataharinya terlihat jelas. Jika kondisinya berawan, keindahan tak kalah indahnya melihat senja. Inilah keindahan Ciptaan Yang Maha Kuasa, dan saya sebagai penikmatnya.

sumber : http://riparhand.blogspot.com

2 Responses to "Obyek Wisata Pantai Santolo Kabupaten Garut - Jawa barat"

  1. MAMPIR YA KE TEMPAT KAMI
    Penginapan Karang Laut
    Pantai Santolo & sayangheulang
    Kang Dani / Teh Erni
    Telp: 082129705000
    BBM : 7eac865a
    WA: 082214538055
    Website : http://penginapankaranglaut.com
    Email : info@penginapankaranglaut.com
    Twitter : @infokaranglaut
    Instagram : @infokaranglaut
    Facebook : facebook.com/penginapankaranglaut

    ReplyDelete
  2. jaraknya jauh yahh dari kota bandung?
    salam: Rental Mobil

    ReplyDelete